Biarlah Damai Tumbuh Bersama Kami!

Bersama Menyeberang Menuju Perubahan

Ahmed, Chicy dan Habibah tiga peserta pelajar yang tergabung dalam Peace and Green Communty bersama seorang petani menyeberang jembatan gantung menuju desa Lango Pante Cermin Aceh Barat. Kehadiran peserta pelajar se-Meulaboh yang tergabung dalam PGC di Pante Cermin pada 18-19 Mei 2010 dilaksanakan dalam rangka kegiatan analisis sosial.

“Apa yang kita harapkan agar kita sendiri dan juga masyarakat melakukan perubahan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan?” Demikian pertanyaan reflektif yang diajukan Ahmed Warezal, koordinator Peace and Green Community (PGC), peserta pelajar MAN Meulaboh.

Pertanyaan ini lahir bukan tanpa latar belakang, tetapi berdasarkan pengalaman Ahmed sendiri bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan peserta pelajar yang tergabung dalam PGC bisa membawa pengaruh positif bukan hanya kepada generasi muda, khususnya peserta PGC tetapi juga kepada komunitas.

“Ya, sekurang-kurangnya mereka tergugah untuk melakukan perubahan dan kita sebagai generasi muda memiliki semangat perubahan itu”. Katanya lebih lanjut.

Sebagai generasi muda Ahmed tentunya memiliki tanggungjawab untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik. Bahwa melakukan perubahan dari bangku sekolah saja tidak cukup, tetapi dalam setiap perjumpaan dan pertemuan dengan komunitas dalam berbagai kegiatan yang diadakan diharapkan membawa dampak yang signifikan.

Ahmed menyadari sungguh bahwa pelajar tidak hanya memiliki kepala yang bisa berpikir, tetapi juga memiliki kaki dan tangan yang mampu bersosialisasi dalam lingkup sosial. Berbagai kegiatan yang diadakan PGC, khususnya kegiatan analisis social (Ansos) sejatinya dimaksudkan untuk melibatkan pelajar dalam kehidupan riil komunitas.

Tujuan lain adalah agar pelajar sebagai generasi muda mampu membangun sikap solidaritas dan peduli pada keprihatinan social, selain memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar dan berbagai pengalaman dengan komunitas masyarakat.

Pertanyaan Ahmed di awal catatan ini menjadi penting untuk direfleksikan oleh semua pihak, bukan hanya Ahmed sendiri dan kelompok PGC. Tetapi juga kepada semua generasi muda, pelajar dan mahasiswa. Bahwa hanya dengan terus menerus terlibat dalam komunitas dengan berbagai kegiatan social yang konstruktif, sudah barang tentu harapan dan cita-cita untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik akan diraih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s